Published On: Fri, Oct 31st, 2014

Kemenag Sultra Gelar Workshop Pengembangan dan Pembinaan OSIS Madrasah

Share This
Tags

Workshop Pembinaan KesiswaanKendari-Kolakanews.com. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Workshop pengembangan dan pembinaan kegiatan kesiswaan pada madrasah Tahun 2014, di Grand Clarion Hotel Kendari, Kamis, (31/10/2014).

Ketua panitia, Marwijid, M.Pd, dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kegiatan Workshop pengembangan dan pembinaan kegiatan kesiswaan, khususnya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada madrasah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan madrasah dan pengembangan potensi peserta didik.

“OSIS sebagai organisasi kesiswaan di sekolah merupakan wahana melatih sikap kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi siswa madrasah tentang pembinaan kehidupan bersama guna meningkatkan eksistensi madrasah dalam mencapai tujuan pendidikan,” katanya.

Ia menyebutkan, sosialisasi tersebut dilaksanakan Dua angkatan dan diikuti sebanyak 60 orang guru dan 60 orang siswa.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, H. Mohamad Ali Irfan, SE, MM., M.Ak dalam sambutannya menyatakan, tugas sebagai Pembina OSIS merupakan amanah yang besar dan sangat berat yang dibebankan kepada bapak ibu sekalian.

“Karena tugas ini adalah bagaimana membentuk para siswa untuk menjadi calon pemimpin, seorang siswa yang mampu berorganisasi dengan baik secara Islami. Maka janganlah jabatan sebagai Pembina OSIS hanya mengejar untuk pemenuhan jam wajib mengajar untuk mendapatkan sertifikasi sebagai seorang guru,” ujarnya.

Selain itu lanjut Irfan, OSIS dapat membentuk siswa menjadi manusia berkarakter. Berkarakter dalam hal ini berkaitan dengan nilai-nilai spiritual, nilai keagamaan yang pada akhirnya akan timbul perilaku yang Islami. “Hal ini dapat menghasilkan siswa-siswa kreatif yang mampu mengelola organisasi dan mengelola administrasi yang baik,” urainya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini terwujud sinergi antara Pembina OSIS dengan kepala madrasah, komite, wali murid dan semua unsur terkait untuk bagaimana membesarkan OSIS ini.

Turut hadir pada pembukaan workshop, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah, Samsuri,S.Ag., S.Pd., M.Pd, para pejabat eselon IV Bidang Pendidikan Madrasah serta Karyawan dan karyawati Kemenag Prov. Sultra. (duL)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>