Combo Kolaka Jemur Puluhan Bonsai

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Sedikitnya 70-an Pohon Bonsai yang terdiri dari jenis Santigi, Beringin, Serut, Asam dan Pacar Laut ikut dijemur oleh komunitas penggemar Bonsai bernama Community Bonsai Kolaka. Aksi jemur bonsai yang digelar di pelataran lantai II Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka, yang terletak di poros Baypass Kolaka – Pomalaa, Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka, Senin (28/2/2022).

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kolaka, H. Achmad Fachruddin mengatakan, selain ajang silaturahmi antar sesama pecinta bonsai, jemur bonsai juga bertujuan memperkenalkan tumbuhan bonsai kepada masyarakat luas.

“Hari ini yang kita jemur sekitar 70 pohon bonsai dengan jumlah jenis sekitar 20, diantaranya Santigi, Beringin, Serut, Asam dan Pacar Laut,” ungkapnya.

Bonsai yang dijemur kata Ahmad, berasal dari berbagai tempat di Kolaka yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

“Jemur Bonsai ini memperkenalkan tumbuhan Bonsai kepada masyarakat Kolaka namun jika ada yang berminat membeli, kita juga bisa menjualnya. Kalau untuk harga bervariasi, mulai dari Rp 500 Ribu per pohon hingga Rp 30 juta,” terangnya.

Kedepannya kata dia, pihaknya akan menggelar lomba atau pameran bonsai di tingkat provinsi hingga nasional. “Kedepannya ada agenda untuk menggelar pameran baik tingkat provinsi maupun nasional. Sementara kami kumpul dulu teman-teman yang ada di Kolaka,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang anggota komunitas bonsai, mengaku baru kali ini bisa bertemu sesama pecinta bonsai dalam acara silaturahmi yang dirangkaikan dengan aksi jemur bonsai. “Di group bonsai beranggotakan sekitar 40 orang di Kolaka, dan baru kali ini kita berkegiatan bersama dalam ajang silaturahmi,” tutupnya. (rl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.