Alsintan Combine Harvester dari PT Vale Diserahkan ke Petani Mahalona

  • Whatsapp

Lutim, KN – PT Vale Indonesia Tbk menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) combine harvester sebanyak tiga unit ke masyarakat di Kawasan Mahalona Raya, Jumat (18/02/2022). Alat mesin pertanian tersebut diserahkan sebagai wujud komitmen perseroan pada Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat  Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (Program PPM – PKPM) yang telah dilaksanakan secara berkelanjutan. Penerima manfaat dari program Alsintan ini berasal dari Mahalona Raya, yakni, petani dari Desa Mahalona, Libukan Mandiri, Tole, Buangin, dan Kalosi, Kecamatan Towuti – Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, Budiman, menerima mesin tersebut secara simbolis yang diserahkan oleh Direktur External Relations dan Corporate Affairs PT Vale Indonesia, Endra Kusuma. Penyerahan alat mesin panen dilakukan dalam kegiatan Evaluasi Program 2021 dan Kick Off Program 2022 Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Berbasis Kecamatan, di Desa Libukan Mandiri- Kecamatan Towuti Mahalona.
Bupati Luwu Timur, Budiman menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi pada PT Vale yang senantiasa memberikan dukungan pada pengembangan sektor pertanian di Kawasan Pertanian Terpadu Mahalona.

“Terima kasih untuk PT Vale atas bantuan mesin combine ini. Tentunya kita harus bersyukur dengan apa yang telah didapatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur External Relations dan Corporate Affairs PT Vale Indonesia, Endra Kusuma mengatakan, penyerahan mesin pertanian diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian para petani binaan, khususnya yang berada di area pemberdayaan. Kata dia, combine harvester nantinya akan dikelola oleh Bumdesma Mahalona Raya.

“Alhamdulillah, perseroan telah menyerahkan total enam unit mesin combine sepanjang tahun 2020-2022 dan telah dikelola melalui BUMDESMA Mahalona dengan baik, tidak hanya membantu para petani sehingga tidak lagi bergantung dengan alat panen dari luar daerah dan biaya lebih terjangkau, tetapi juga mendatangkan manfaat seperti adanya bagi hasil untuk desa-desa yang bekerjasama di kawasan pertanian terpadu ini,” ujarnya.

Endra Kusuma berharap hadirnya alat mesin pertanian tersebut juga dapat mendukung pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu di Kawasan Mahalona Raya dan sekitarnya.

“Di Mahalona Raya, sejak tahun 2016 program pengembangan masyarakat dari Perseoran telah memfasilitasi pendampingan Pertanian Sehat & Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), diperkuat saat ini dengan dukungan mesin combine, termasuk gudang gabah dan oven pengering gabah yang terus ditingkatkan efektivitasnya, semoga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanian serta mendorong kemandirian masyarakat ,” harapnya.

Kegiatan serah terima mesin Combine Harvester tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Launching Beras Mahalona Rice produk unggulan Bumdesma Mahalona Raya yang merupakan pilar penting dalam skema program pengembangan Kawasan perdesaan mandiri (PKPM) sebagai kemitraan Kementerian Desa & PDTT, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur & PT Vale Indonesia sejak tahun 2018 (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.