Anggota DPRD Kolaka Prihatin atas Ratusan Warga yang Tak Terima Bantuan Sosial.

Kolaka, KN – Anggota DPRD Kolaka asal Partai Demokrat, Nasruddin Gombi mengaku prihatin terhadap kasus yang menimpa ratusan kepala keluarga (KK) asal Desa Lamoiko Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka yang saat ini telah menjadi warga Desa Petudua. Soalnya, eks warga Desa Lamoiko itu saat ini tak dapat menerima bantuan sosial dari pemerintah lantaran data kependudukan yang dimilikinya yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) telah berganti dari Desa Lamoiko menjadi Desa Petudua. Hal ini berimbas pada tidak singkronnya dengan data warga penerima bantuan sosial dengan data pemerintah.

Politisi yang akrab disapa Bimbo ini menyesalkan kejadian ini. Kata dia, seharusnya perpindahan ratusan penduduk yang terjadi di Desa Lamoiko ke Desa Petudua seharusnya tidak terjadi tanpa alasan yang jelas.

“ Yang jelas, ini sangat merugikan warga. Saya sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi, sebab bagaimanapun kejadian ini telah merugikan orang banyak. Dapat dibayangkan jika ada ratusan KK yang terpaksa kehilangan hak mereka dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah. Padahal mereka juga adalah orang yang sangat membutuhkan bantuan tersebut,” kata Bimbo.

Politisi asal daerah pemilihan 3 pada Pemilu 2019 tersebut menyarankan bahwa sebaiknya data kependudukan warga Desa Petudua tersebut dikembalikan ke daerah asalnya yaitu ke Desa Lamoiko agar mereka bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat.

“ Saya sepakat dengan usulan Pemda Kolaka yang mengatakan agar seluruh warga Lamoiko yang saat ini telah menjadi warga Desa Petudua agar segera bertempat tinggal di Desa Petudua, karena secara administrasi mereka telah memiliki KTP Desa Petudua. Atau jika hal itu sulit dilakukan, maka sebaiknya mereka merubah kembali data kependudukannya menjadi warga Desa Lamoiko. Sebab jika hal itu tidak dilakukan maka bisa dipastikan mereka tak bisa menerima bantuan sosial dari pemerintah,” tegas Nasruddin Gombi. (has)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *