Bersama Pemda Kolaka, HIPTI Bantu Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Pemerintah Kabupaten Kolaka memberikan apresiasi yang tinggi kepada Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Kabupaten Kolaka atas partisipasi dan peran sertanya dalam pembangunan di Kabupaten Kolaka. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat memberikan sambutan pada acara Penandatanganan MoU antara Pemda Kolaka dan HIPTI Kabupaten Kolaka dalam kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni di gedung Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (23/6/22).

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan berdasarkan dari data hasil Musrembang di tingkat Kecamatan, kebutuhan akan perumahan di Kabupaten Kolaka mencapai 3 hingga 5 triliun pertahun, Namun yang bisa disahuti oleh Pemda Kolaka hanya mencapai 300 hingga 400 miliar pertahun. sehingga masih sangat banyak keinginan dari masyarakat yang belum dapat dipenuhi. Dengan adanya keinginan dari Hipti dalam mengambil bagian dalam pembangunan perumahan saat ini, atas nama Pemda Kolaka memberikan apresiasi dan menganggap hal ini sangat luar biasa.

Bupati menambahkan bahwa tingginya Kebutuhan akan perumahan bagi masyarakat Kolaka memang belum sepenuhnya dapat dipenuhi oleh pemerintah. atas dasar itu, peluang ini dapat dilihat oleh Hipti dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

” Saya rasa kita patut memberikan apresiasi kepada Hipti Kolaka karena tidak semua organisasi seperti ini memiliki misi tersebut. Kami berharap kiranya perusahaan lainnya yang ada di daerah ini kedepan dapat juga berpartisipasi seperti yang dilakukan oleh Hipti Kolaka,” kata Ahmad Safei.

Sementara itu, Ketua Hipti Kolaka, Herianto Suaib (HRS) menilai bahwa cita cita luhur Bupati dan wakil bupati Kolaka dalam membangun bumi mekongga perlu mendapat mendapat dukungan berupa sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak. atas dasar itu, Hipti Kolaka hadir atas dasar rasa cinta dan bangga kepada daerah ini dengan ikut berpartisipasi dan berkolaborasi bersama Pemda Kolaka dalam kegiataan perbaikan rumah tidak layak huni menjadi layak huni.

” Saya mewakili Hipti Kolaka memberikan apresiasi kepada Pemda Kolaka yang selama ini telah melakukan akselerasi pembangunan di segala sektor kehidupan masyarakat yang berkeadilan dan sejahtera di bumi mekongga,” terang HRS.

Kegiatan sosial yang selama setahun terakhir yang dilaksanakan oleh Hipti Kolaka kata HRS antara lain perbaikan rumah tidak layak huni, perbaikan sarana ibadah baik Masjid, Gereja maupun Pura dan selanjutnya memberikan bantuan pembangunan kepada rumah tahfiz Quran.

Warga Desa Towua Kecamatan Wundulako, Suardi yang merupakan salah satu penerima manfaat program perbaikan rumah mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemda Kolaka bersama Hipti.

“Kami sangat bersyukur atas bantuan perbaikan rumah ini sebab dengan adanya bantuan ini beban kami untuk membangun rumah kami yang terbakar tuju bulan lalu bisa dibangun kembali. Semoga Bupati Kolaka dan Ketua Hipti senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan,” kata Suardi.

Ditempat yang sama, Kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kolaka, Ir. H. Abbas, merinci bahwa kegiatan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2022 di Kabupaten Kolaka berupa peningkatan kualitas sebanyak 30 unit yang bersumber dari APBD Kolaka dangan anggaran 20 juta rupiah per unit dengan total anggaran 600 juta rupiah. pembangunan rumah baru sebanyak 21 unit yang bersumber dari APBD Kolaka dangan anggaran 35 juta per unit dengan total anggaran 735 juta rupiah. Selanjutnya program rehabilitasi rumah korban bencana berupa peningkatan kualitas sebanyak 5 unit dengan anggaran 20 juta perunit, pembangunan baru sebanyak 8 unit dengan anggaran 30 juta per unit.

” Total anggaran dari seluruh kegiatan tersebut sebanyak satu milyar enam ratus lima belas rupiah yang keseluruhannya bersumber dari APBD Kab. Kolaka. selain itu, Salah satu pengusaha lokal yang tergabung dalam Hipti Kab. Kolaka juga berpartisipasi dengan memberikan anggaran sebesar 300 juta rupiah dalam kegiatan BSPS ini. Alhamdulillah saat ini selain penandatangan MoU antara Pemda Kolaka dan Hipti, juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan perbaikan rumah tidak layak huni dan penyerahan buku tabungan kepada penerima manfaat,” terangnya. (rl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.