Butuh Kolaborasi untuk Majukan Pariwisata dan Ekraf di Kabupaten Kolaka

KOLAKANEWS, KOLAKA – Memajukan Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) di suatu daerah memang bukanlah hal yang mudah, sebab butuh kolaborasi antara semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, tokoh masyarakat serta kelompok sadar wisata lainnya.

Demikian pula halnya dengan pengembangan pariwisata dan ekraf di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Meski diakui ada sejumlah titik destinasi wisata yang ada di bumi sorume Kolaka ini yang telah mengalami pembangunan, namun hal tersebut belumlah menyentuh pada seluruh aspek yang dibutuhkan agar sektor tersebut dapat menjadi primadona masyarakat yang dapat menjadi penyumbang devisa daerah Kabupaten Kolaka.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang ditemui disela sela peringatan HUT RI di Kabupaten Kolaka mengatakan  beberapa tantangan dalam pengembangan pariwisata Indonesia khususnya di Kabupaten Kolaka antara lain Kurangnya konektivitas, pelayanan dasar, dan infrastruktur untuk melayani wisatawan, Kompleksitas dan ketidakpastian investasi dan iklim, Kebersihan dan kesehatan, terjadinya bencana alam yang mengakibatkan ditutupnya pintu masuk ke tempat wisata, kurangnya penerbangan langsung dari target pasar ke destinasi wisata, kurang baiknya amenitas di destinasi wisata, misalnya masih kurangnya kamar kecil ditempat wisata, jauhnya jarak antar obyek wisata.

“ Selain kendala tersebut juga masih kurangnya pemandu wisata berbahasa asing, khususnya selain bahasa Inggris, jumlah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata yang belum merata di seluruh provinsi di Indonesia, kualitas pendidikan tinggi bidang pariwisata diupayakan setara dengan kualifikasi internasional, serta masih terbatasnya tenaga kerja terampil dan standar kualitas perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata,” ujar Bupati.

Senada dengan itu Direktur Pengembangan Destinasi II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan, dalam acara ‘KolaborAksi Pengembangan Destinasi Wisata di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara’ beberapa waktu lalu, mengatakan perlu ada kolaborasi antar berbagai pihak untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kolaka.

“Wujud KolaborAksi dengan berbagai pihak bisa berupa pembuatan program penjaringan wisatawan ke Kolaka dalam upaya percepatan pengembangan pariwisata. Kolaka harus menjadi Hub dalam upaya menyinergikan dengan kabupaten kota lainnya di Sulawesi Tenggara seperti Kendari, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Kolaka, Kolaka Utara, Buton Tengah,” ujar Wawan.

Wawan mengungkapkan Kabupaten Kolaka harus dapat meyakinkan K/L untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti bagaimana wujud inovasi, adaptasi, dan KolaborAksi.

“Inovasi dengan mewujudkan kreativitas masyarakat Kolaka, ada peralihan dan pemanfaatan teknologi, dan ada implementasinya di lapangan yang bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Diimbangi dengan gerak bersama, gerak cepat, dan gaspol. Jadi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi diwujudkan dalam menata daya tarik wisata baik wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan serta pemanfaatan berbagai potensi lokal yg ada di Kolaka,” jelas Wawan.

Lebih lanjut, Wawan berharap Pemda agar bisa menetapkan skala prioritas pembangunan di Kolaka dan kabupaten/kota lain untuk menyiapkan 3A (Aksebilitas, Amenitas, dan Atraksi). Sebab, hal ini terkait dengan adanya destinasi Wakatobi sebagai destinasi pariwisata prioritas di Sulawesi Tenggara.

“Jadi, fokus pada destinasi yang menjadi arah kebijakan bupati, dan yang lain sama-sama mendorong. Bandara menjadi etalase daerah. Pengembangan ekonomi kreatif, melalui suvenir, ragam hias daerah. Ini menjadi momentum jadi harus ada tindak lanjut dari pertemuan ini,” ujarnya.

Wawan mengungkapkan bahwa destinasi wisata yang baik ditandai dengan tertatanya destinasi yang berkualitas, berkelanjutan, dan terintegrasi dengan berbagai kawasan dan memberikan dampak manfaat dan nilai tambah ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kolaka, Syamsul Kadar, mengatakan pihaknya terus mengembangkan desa wisata di Kabupaten Kolaka. Kini ada 10 destinasi desa wisata yang mulai berkembang, salah satunya Desa Sani-sani.

Desa Sani-sani berlokasi di antara dua tanjung, dan di dalamnya terdapat kurang lebih 13 gugusan pulau. Desa ini dinilai memiliki potensi wisata yang kuat dan sudah memiliki masterplan pembangunan yang terarah.

“Adapun progres pembangunan aksesibilitas dari kesiapan penyeberangan laut, serta rencana penambahan rute ke Wanci, Baubau, Kendari, dan Bone. Rencana pengembangan Bandara Kolaka dengan ukuran landasan pacu 2100 x 40 meter untuk pesawat fokker. Perlu kolaborasi Pemda dan Pemerintah Pusat untuk saling mendukung. Dengan adanya kolaborasi seperti ini kami berharap ada bantuan dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata,” ujar Syamsul.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kolaka, Syaifullah Halik, mengatakan DPRD Kabupaten Kolaka berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dalam membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Semoga Kabupaten Kolaka bisa menjadi perhatian Kemenparekraf. Serta dukungan dan sokongan untuk pengembangan lebih lanjut. Di tengah kondisi pandemi, sektor yang dapat mengangkat perekonomian adalah pariwisata,” ujar Syaifullah.

Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Kolaka

Kabupaten Kolaka adalah salah satu daerah Kabupaten di wilayah Sulawesi Tenggara, yang terdiri dari beberapa perbukitan gunung dan hutan. Wilayah Kolaka juga kaya dengan perairan, pada beberapa gugusan pulau kecil di sepanjang teluk Bone. Apa saja kindahan tempat wisata di Kolaka ? Yuk simak ulasannya berikut.

Pemandian Alam Tamborasi

Salah satu tempat yang paling populer di Kolaka adalah, Pemandian Alam Sungai Tamborasi. Destinasi ini berada di Desa Tamborasi, Sungai Tamborasi yang merupakan sungai terpendek di dunia. Tepian pasir putih yang lembut dan bersih, membuatnya terkenal sebagai pemandian alami dengan pemandangan bebatuan marmer.

Di tempat pemandian Tamborasi ini, terdapat beberapa fasilitas yang memanjakan para pengunjung. Fasilitas tersebut seperti gazebo, kantin, dan juga kamar mandi. Sehingga kamu bisa bebas bersantai, sembari menikmati kuliner khas Kolaka dengan nyaman. Setelah menikmati air sungai Tamborasi, maka segera bersihkan diri dengan kamar mandi yang tersedia di Pemandian Alam Tamborasi.

Pulau Padamarang

Satu lagi pulau yang memiliki keindahan menakjubkan, bahkan membuatnya enggan untuk beranjak pergi. Pulau Padamarang terlerak di Desa Towau, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka. Pulau ini menjadi salah satu pulau terbesar dari Kabupaten Kolaka, posisinya sendiri berada di sebelah timur Teluk Bone.

Pulau Padamarang adalah salah satu pulau terbesar di Kabupaten Kolaka. pulau ini terletak di wilayah Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di utara Maniang dan di sebelah timur Teluk Bone. Pemandangan yang dapat dilihat di pulau ini sangat menarik dan juga dapat memberi kesan yang menyejukkan bagi pengunjung.

Untuk mengunjungi Pulau Padamarang, maka kamu harus menempuh jalur laut dengan menyewa kapal seharga Rp 500 ribu untuk pulang dan pergi. Namun, harga tersebut sangatlah sebanding dengan keindahan yang akan kamu temui. Pesisir pantai yang putih dan lingkungan yang dikelilingi tebung kokoh, mempercantik panorama kemanapun mata memandang.

Pantai Indah Kapu

Pantai Indah Kapu, yang terletak di Kabupaten Kolaka, merupakan destinasi wisata yang menakjubkan di Indonesia. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang menenangkan bagi para pengunjungnya. Dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, Pantai Indah Kapu merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Saat Anda tiba di Pantai Indah Kapu, Anda akan disambut dengan panorama yang menakjubkan. Gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar pantai menambah keindahan alam yang ada. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, sambil duduk di tepi pantai yang tenang.

Pantai Indah Kapu juga merupakan tempat yang ideal untuk berbagai aktivitas air. Anda dapat snorkeling dan menyelam untuk menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya akan keindahan. Jika Anda suka olahraga air yang lebih ekstrem, Anda dapat mencoba surfing di ombak yang menggoda. Bagi pecinta ikan, Anda juga dapat memancing di sekitar pantai ini.

Selain itu, Pantai Indah Kapu juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung. Terdapat area bermain anak-anak yang aman dan menyenangkan, sehingga cocok untuk liburan keluarga. Pantai ini juga dilengkapi dengan warung makanan dan kafe yang menyajikan hidangan lezat khas daerah ini. Anda dapat mencicipi makanan laut segar yang lezat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu yang lebih lama di Pantai Indah Kapu, terdapat juga resort dan villa yang menawarkan akomodasi yang nyaman dan mewah. Anda dapat memilih untuk tinggal di tepi pantai atau di tengah-tengah kebun tropis yang rimbun. Dengan suasana yang tenang dan pelayanan yang ramah, Anda akan merasa betah berlama-lama di sini.

Pantai Indah Kapu adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang memukau, pantai ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Indah Kapu di Kabupaten Kolaka dan rasakan pesonanya sendiri.

Pantai Malaha

Pantai Malaha adalah objek wisata Kolaka yang terkenal akan hamparan pasir putih dan juga kesegaran atmosfer udaranya. Pemandangan pantai dengan pepohonan disekitarnya membuat destinasi wisata satu ini cukup populer di kalangan pecinta fotografi. Terletak di Desa Malaha Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka, Pantai Malaha merupakan destinasi andalah Kabupaten Kolaka.

Tanjung Kayu Angin

Kolaka memiliki keindahan pantai yang beragam, salah satunya adalah Tanjung Kayu Angin. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih, dan pepohonan yang teduh di tepi pantai. Jika kamu ingin mengunjungi Tanjung Kayu Angin, maka kamu harus melakukan perjalanan dengan jarak sekitar 25 km dari pusat kota Kolaka. Selain keindahan alamnya, tempat wisata Kolaka satu ini juga terbilang memiliki lokasi cukup strategis karena berdekatan dengan pulau-pulau kecil dengan pantai tak kalah indah yang bisa Toppers kunjungi juga.

Pantai Pitura

Pantai Pitura terletak di wilayah Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka berjarak 75 kilo meter dari pusat kota kolaka dan dapat ditempuh kurang lebih 20 kilo meter dari perbatasan kabupaten bombana.

Tempat wisata ini memiliki keindahan pasir putih dan air laut yang biru dan jernih serta di hiasi dengan pohon pinus yang tumbuh di sekitar pantai, selain itu ada ribuan kelelawar yang bertengger pada pohon pinus sekitar pantai pitura tersebut, namun kelelawar seakan bersahabat dengan setiap pengunjung sebab meskipun pantai ramai dengan pengunjung yang datang setiap hari, kelelawar tersebut bertahan disana sampai saat ini, mereka sama sekali tidak merasa terusik dengan

Terletak di Kecamatan Watubangga, objek wisata Pantai Pitura ini memiliki panorama laut yang masih sangat asri. Destinasi wisata Kolaka satu ini menawarkan atmosfer teduh dari rindangnya pepohonan dan juga berbagai tanaman berbunga yang semakin mempercantik wisata alam Kolaka ini.

Objek Air Panas Lakuya

Objek Air Panas Lakuya terletak di Dusun Lakunya Desa Konaweha Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. di desa ini terdapat hamparan daratan sulfur yang membentang seluas 1 hektar bak padang tandus yang sangat eksotis.

Objek Air Panas Lakuya merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Kabupaten Kolaka.

Selain hamparan sulfur didesa ini juga terdapat permandian air panas yang mengandung belerang, air terjun, serta gua-gua yang menantikan kehadiran anda.

Selain menikmati keindahan perairan dan wisata sporty, kamu juga bisa malihat hamparan sulfur di Kolaka. Ialah Desa Lakuya, yang memiliki daya tarik utama kandungan sulfur atau belerang. Banyak wisatawan mendatangi desa ini, untuk melihat hamparan belerang layaknya padang tandus yang eksotis. Kamu pun bisa menemukan beberapa titik sumper air panas, dimana wisatawan bisa berenang atau berendam.

Taman Wisata Alam Keakea

Masyarakat Bumi Mekongga, menyebutnya Taman Wisata Alam Keakea. Taman wisata alam ini berada di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka. Tempat ini bisa Anda jangkau hanya dengan waktu tempuh lebih kurang 40 menit dari ibukota kabupaten baik menggunakan mobil maupun motor.

Dalam perjalanan menuju ke taman wisata alam ini, Anda bakal mendapatkan suguhan pemandangan alam yang tentunya memanjakan mata. Di sisi kiri dan kanan terdapat perkebunan milik warga setempat, dengan berbagai jenis tanaman seperti, cengkeh, kelapa sawit, kakao, merica, dan tanaman lainnya.

Tak hanya itu, pemandangan laut Teluk Bone juga bisa dinikmati saat mencapai puncaknya. Sebelum mencapai lokasi taman wisata alam tersebut, Anda terlebih dahulu akan menemukan spot foto yang berada di ketinggian, di bawahnya memperlihatkan hamparan perkebunan milik warga setempat.

Di tempat itu, Anda bisa melakukan swafoto dengan latar hamparan perkebunan warga dan laut Teluk Bone. Dari lokasi spot foto, Anda masih harus melakukan perjalanan dengan menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer. Sebelum akhirnya tiba di Taman Wisata Alam Keakea, yang juga menjadi lokasi Bumi Perkemahan di Kolaka. Tak perlu ragu dengan kondisi jalannya, karena sampai di lokasi wisata alam, jalan sudah teraspal

Taman Wisata Alam Keakea terletak dalam kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Mangolo. Karena masih berada dalam kawasan konservasi yang dilindungi, sehingga pemandangan alamnya masih sangat terpelihara kelestarian dan keasriannya.

Taman Wisata Alam Air Panas Ulunggolaka

Terkenal akan keberadaan sumber air panas alaminya. Kawasan wisata alam Ulunggolaka memiliki kondisi geografis eksotis yang wajib masuk daftar tempat wisata yang harus dikunjungi saat ke Kolaka.

Selain pemandian air panas, di kawasan wisata alam ini pengunjung bisa melihat tebing-tebing batu hingga gua-gua telaga yang memiliki panorama sangat eksotis. Salah satu goa yang paling diminati adalah Gua Firdaus. Gua Firdaus terletak di wisata permandian Ulunggolaka. Pada Gua Firdaus tumbuh pohon beringin yang tergolong cukup besar bahkan saking besarnya pohon tersebut akarnya sampai menembus dinding gua, dalam gua tersebut ada sekumpulan kelelawar yang hidup dengan aman, tentram dan damai .

Berdasarkan keterangan dari pemangku adat setempat, dahulu kala gua ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda – benda pusaka dan di percaya memiliki 7 tingkatan dan tidak sembarang orang dapat mencapai ketujuh tingkatan tersebut, konon hanya mereka yang bersih hatinya dan berniat baik yang dapat mencapai ketujuh tingkatan tersebut

Di bagian atas gua, kamu akan melihat pohon beringin yang besar, dan akarnya menembus dinding dari gua. Tidak hanya bagian luarnya saja, kamu pun bisa melihat sekumpulan kelelawar yang mempesona di dalam Gua Firdaus.

Villa Rumah Adat Mekongga Kolaka

Agar semakin melengkapi pengalaman berlibur di Kolaka, maka cobalah untuk menginap di Villa Rumah Adat Mekongga Kolaka. Villa ini terletak di pesisir laut, masih pada lokasi perkotaan Kabupaten Kolaka. Suasana disekitar Villa, sangat cocok untuk menjadi liburan keluargamu. Bangunan yang unik, serta tiupan angin dari pesisir laut, membuat pengalaman berlibur di Kolaka semakin berharga.

Kolaka Cocoa City

Mengunjungi Kabupaten Kolaka, tidak akan lengkap jika tidak menuju Kolaka Cocoa City atau Pantai Mandra. Ada begitu banyak orang yang datang bersama dengan keluarganya, untuk menikmati udara segar sembari bersantai di area taman sekitar. Kolaka Cocoa City berlokasi di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Tempat ini sangat pas bagi kamu untuk sekedar menikmati hembusan angin pantai dan pemandangan alam, bersama dengan keluarga maupun teman.

Kawasan Pantai Wisata Kuliner

Kawasan Pantai Wisata Kuliner terletak di pusat Kota Kolaka. Di tempat ini, pengunjung dapat memanjakan lidah dengan aneka macam kuliner nusantara hingga beragam cemilan dan jus buah. Pada sore hingga malam utamanya malam sabtu dan minggu, pantai ini padat dikunjungi oleh masyarakat yang ingin menikmati suasana pantai sambil menikmati aneka kuliner yang dijual oleh warga Kolaka.

Demikian sederet destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara yang menjadi objek wisata andalan daerah ini.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *