Calon Anggota PPK Pemilu 2024 Jalani Tes Tertulis

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Rekrutmen Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara hari ini memasuki tahap seleksi tertulis. Sebanyak 306 orang peserta yang lulus seleksi administrasi menjalani tes tulis dengan metode CAT (computer assisted test) pada Selasa (6/12), yang dilaksanakan di aula Kantor BKPSDM Pemda Kolaka dengan lima sesi.

Ketua KPU Kabupaten Kolaka, Kamal Baddu yang ditemui mengatakan bahwa berdasarkan hasil seleksi administrasi terhadap pendaftar calon anggota PPK, maka dinyatakan sebanyak 305 orang peserta dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya kepada peserta yang dinyatakan lulus saat ini mereka mengikuti seleksi tertulis dengan methode CAT.

“Tesnya terbagi dalam lima sesi, dan mudah-mudahan bisa selesai hari ini. Peserta dibagi per kecamatan, dan dalam satu sesi itu ada yang dua kecamatan dan ada yang tiga kecamatan,” kata Kamal Baddu.

ditambahkannya, untuk soal-soal tes diantaranya terkait pengetahuan kepemiluan dan wawasan kebangsaan.

“Usai tes, para peserta dapat langsung mengetahui skor nilai yang diperoleh. Nantinya hasil tes CAT akan diakumulasi dengan tes wawancara. Tes wawancara akan dilaksanakan tanggal 11 – 13 Desember 2022. Hasil tes CAT akan dirangking untuk memperoleh 15 peserta setiap Kecamatan. Dan dari 15 peserta akan diseleksi lagi menjadi 5 orang,” terangnya.

Mereka yang dinyatakan lulus nantinya, kata kamal Baddu akan dilantik dan bertugas menjadi anggota PPK di 12 Kecamatan yang ada pada Januari 2023 nanti.

Sementara kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Kolaka, Muliana, S.Pd mengatakan di sesi pertama ada 6 orang calon anggota PPK tidak hadir dalam tes tertulis tersebut.

“Untuk sesi pertama tes tulis calon anggota PPK digelar pada pukul 8.30-10.00 WIB dan dari 69 peserta sebanyak 6 orang tidak hadir,” ungkapnya.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Muh Nato ALhaq yang memantau jalannya tes CAT tersebut mengapresiasi KPU Kabupaten Kolaka karena tingginya animo pendaftar dalam seleksi Calon Anggota PPK di Kabupaten tersebut.

“Untuk KPU Kabupaten Kolaka kami apresiasi karena daerah dengan tingkat pendaftar yang tinggi, animo masyarakat bagus. Ini kita harapkan berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan karena semakin besar pendaftarnya, maka semakin banyak pilihan dan menentukan yang terbaik,” paparnya di tengah-tengah kesibukannya memantau pelaksanaan tes tersebut.

Dia juga mengatakan, pelaksanaan tes dengan metode CAT memang merupakan kali pertama dalam seleksi calon PPK. Sehingga dia berharap para peserta yang lulus adalah mereka yang terbaik dalam kemampuan integritas dan kemampuan teknisnya dalam menyelenggarakan Pemilu.

“Kalau melihat soal hari ini saya pikir ini soal-soal memang mewakili karakter soal pengetahuan umum sampai pengetahuan teknis. Dan ini mewakili kemampuan rekan-rekan calon PPK yang kedepan akan menghadapi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada. Jadi kita harapkan bukan hanya kemampuan integritasnya tetapi kemampuan teknisnya juga dalam menyelenggarakan Pemilu,” ungkapnya.

Dalam pantauannya, kata Nato, tidak ada kendala dalam pelaksanaan tes dengan metode CAT tersebut. “Alhamdulillah mulai dari penerimaan, injeksi soal ke server tidak ada masalah,” tutupnya. (rul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *