Di Dinas PPKB, Dua Tahun Berturut-Turut Amri Sukses Bawa 2 Desa di Kolaka Wakili Sultra ke Tingkat Nasional

KOLAKANEWS, KOLAKA – Meski usia jabatannya di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Kolaka hanyalah dua tahun saja, tapi jangan dikira, H. Amri Djamaluddin, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Kolaka itu tak bisa berbuat apa-apa. Justru sebaliknya hanya dengan waktu 2 tahun 19 hari dirinya memimpin di dinas itu, Amri mampu mendulang prestasi hingga mengharumkan nama Kabupaten Kolaka ke kancah nasional.

Di tahun pertamanya di Dinas PPKB, mantan Camat Kolaka itu mulai menata sistim organisasi birokrasi di internal kantornya. Semua perangkat difungsikan sesuai dengan tupoksinya, namun dengan tetap mengedepankan sistim kerja tim. Setelah hal tersebut dianggap berhasil dan mampu dijalankan oleh seluruh jajaran, barulah kemudian dirinya membuat terobosan keluar dengan mendorong seluruh desa se Kabupaten Kolaka untuk dapat berkompetisi pada lomba yang diselenggarakan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke kancah nasional. Menurut dia, dengan membuka ruang kepada seluruh desa di Kabupaten Kolaka untuk dapat mengaktualisasikan dan mengembangkan potensi dan sumber daya yang ada di daerahnya masing-masing.

Di tahun 2023, setahun dia menjabat di Dinas PPKB Kolaka, Amri memperlihatkan kinerja yang cukup membanggakan. Pasalnya, pejabat eselon II termuda di Pemkab Kolaka tersebut sukses membawa Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Dahlia di Desa Tanggeau, Kecamatan Polinggona menjadi yang terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kampung KB Dahlia ditetapkan sebagai juara I pada lomba Kampung KB tingkat Provinsi Sultra tahun 2023, yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sultra. Menurut mantan Camat Kolaka itu, salah satu terobosan yang dilakukan sehingga Kampung KB Dahlia bisa menjadi juara adalah membuat ‘Rumah Dataku’ dari swadaya masyarakat serta lomba inovasi stunting dengan pembagian bibit ikan lele serta pembuatan naget tempe dan kegiatan lainnya.

Baca juga : Warga Baula Akui H. Amri Sosok Pemimpin yang Peduli dan Rendah Hati

Memasuki tahun kedua yakni tahun 2024, dirinya kembali menorehkan prestasi spektakuler untuk Kabupaten Kolaka. Atas kinerjanya itu, Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka berhasil juara pertama tingkat Sultra pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas, yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Desa Puuroda dipastikan akan mewakili Sultra ke tingkat nasional. Hal tersebut sesuai surat yang diteken Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Asmar, bernomor 1016/PD.05/J/2024 17 April 2024, tentang Pemenang Lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2024. Melalui surat itu, diumumkan Kampung Keluarga Berkualitas Puuroda Tanah Makmur Desa Puuroda, Kecamatan Baula sebagai juara I, disusul Desa Kalu-Kaluku Kecamatan Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara sebagai juara II dan Desa Hambawa Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana, Juara III.

Kepala Desa Puuroda Kecamatan Baula, Jayus yang ditemui sebelum pengumuman lomba tersebut mengakui peran Kadis PPKB Kolaka, Amri sangatlah besar. Amri kata Jayus, sangat pro aktif di desanya menjelang penilaian yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sultra.

“Seluruh saran dan masukan yang disampaikan oleh pak Amri kita laksanakan. Kami aparat desa bersama dengan masyarakat di Puuroda bekerja siang malam dalam menyiapkan seluruh administrasi dan kegiatan yang menunjang penilaian lomba Kampung Keluarga Berkualitas. terus terang kami sangat terbantu dengan peran aktif pak Amri. Untuk itu kami haturkan terima kasih yang setinggi-tingginya,” kata Kades Puuroda, Jayus. (ab)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *