Dinas Kehutanan Tegaskan Jalan Kampus Politeknik Kolaka adalah Kawasan Hutan.

Kepala UPTD KPH Unit XIII Mekongga Utara, Muljabar Arif Kolewora , SH

KOLAKANEWS, KOLAKA – Kisruh tentang proyek pembukaan jalan menuju lokasi pembangunan kampus politeknik Kolaka di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara terus bergulir.

Kepala Dinas Kehutanan UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Unit XIII Mekongga Utara, Muljabar Arif Kolewora dengan tegas mengklaim bahwa status lahan yang dijadikan jalan menuju kampus politeknik Kolaka itu masuk dalam area kawasan hutan produksi  (HP). Dengan alasan tersebut proyek yang menelan anggaran Rp. 3.3 miliar itu dari APBD Kolaka itu dihentikan.

“ Setelah melakukan monitoring ke lapangan, kami menemukan adanya aktifitas pekerjaan jalan di atas lahan yang berstatus kawasan hutan. Karena aktifitas tersebut tidak memiliki izin dari pemerintah, maka dengan sangat terpaksa kami melakukan penghentian,” tegas Muljabar yang dikonfirmasi di ruang kerjanya

Selanjutnya kata dia, pihaknya mengundang pihak pihak yang terkait dengan aktifitas tersebut untuk dimintai keterangan.

“ Kami telah melakukan pertemuan dengan pihak Pemda Kolaka yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kolaka, Kadis PUPR Kolaka, sayangnya pertemuan tersebut tidak menghasilkan kesepakatan antara kami dan Pemda Kolaka sebab pihak Pemda tetap bersikukuh jika lahan yang dijadikan akses jalan tersebut bukan kawasan hutan,” terang Muljabar.

Karena tidak menemui titik terang kata dia, maka masalah ini menjadi laporan ke Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari.

“ Ya, kami harus melanjutkan laporan ini ke dinas, selanjutnya kita tunggu saja nanti apa keputusan dari pimpinan,” kata Muljabar.

Sebelumnya, Koordinator LSM ForSda, Jabir Teto Lahukuwi menyebut bahwa telah terjadi dugaan pelanggaran pidana kehutanan pada proyek pembukaan jalan politeknik Kolaka karena adanya aktifitas di atas kawasan hutan tanpa izin dari pemerintah. Jabir meminta agar seluruh pihak yang terkait pada proyek tersebut untuk bertanggung jawab. (rl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *