Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

LUWU TIMUR— PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menegaskan komitmennya dalam penerapan pertambangan berkelanjutan pasca izin usaha pertambangan khusus (IUPK) dari pemerintah hingga 2035 diperoleh. Hal ini disampaikan Head of Communications PT Vale, Bayu Aji dalam kegiatan Halalbihalal bersama media se-Luwu Raya di Sorowako, Selasa (28/5/2024).

Bayu Aji mengatakan, perpanjangan IUPK yang diterbitkan pada 13 Mei 2024 ini menandai era baru bagi perusahaan, yaitu era pengembangan dan transformasi.

Bayu Aji menjelaskan, perpanjangan IUPK tidak lepas dari dukungan pemerintah atas komitmen keberlanjutan, dan konsistensi praktik good mining practices perusahaan. Untuk itu, perseroan terus berkomitmen melakukan perbaikan dalam penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Dalam beberapa tahun ke depan, perusahaan telah memiliki rencana prioritas yang harus diselesaikan, tentunya dengan mengedepankan nilai-nilai perusahaan. Salah satunya mengenai pengembangan proyek Sorowako Limonite serta berupaya membawa operasi Sorowako mencapai standar operasi kelas dunia,” ujarnya.

Dia menuturkan, mengundang wartawan dalam halal bihalal sejalan dengan perilaku utama perseroan yaitu dialog terbuka dan transparan serta mendengarkan dan melibatkan masyarakat luas secara aktif.

“Perseroan sangat terbuka apabila ada saran maupun kritikan terhadap aktivitas operasi.Kami sadar belum sempurna, dan akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar” Jelas Bayu Aji.

Bayu Aji memaparkan, PT Vale hingga menuju usia ke- 56 selalu membuka akses informasi terkait perusahaan ke wartawan.

“Kita selalu terbuka kepada semua rekan wartawan yang membutuhkan informasi dari PT Vale, tapi perlu dipahami bahwa setiap permintaan konfirmasi rekan-rekan, ada yang tidak langsung kami jawab ada juga yang bisa langsung dijawab, karena kami saat memberikan keterangan atas nama perusahaan, artinya kami tentu melakukan koordinasi lintas departemen terkait agar informasinya cukup komprehensif,” ungkapnya.

Salah satu keterbukaan informasi PT Vale,kata Bayu Aji, adalah dengan adanya kegiatan Halal bihalal ini, dimana jurnalis bisa mengetahui secara detail seperti apa perusahaan menjaga lingkungan dalam beroperasi.

Tak hanya itu saja, PT Vale juga setiap tahunnya mengajak wartawan melakukan media visit untuk melihat langsung operasional dan pengelolaan pertambangan hingga ke tahap produksi.

PT Vale juga secara terbuka membagikan informasi perusahaan melalui website https://vale.com/in/indonesia dan kanal-kanal informasi sosial media resmi perusahaan baik di instagram, youtube maupun facebook.

“ Bisa kita lihat sekarang, dihadapan kita ini adalah Danau Matano, air danau ini sebenarnya air limbah tambang tapi karena kita olah dengan baik sebelum dialirkan masuk ke danau ini sehingga dalam kurun waktu beroperasi lebih dari 50 tahun air danau tetap jernih dan terjaga, jadi rekan-rekan media bisa melihat sendiri secara langsung dan kita juga selalu adakan jurnalis visit setiap tahun yang bisa dilihat langsung bagaimana PT Vale menambang dan menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Pada kesempatan Halal Bihalal tersebut, hadir pula perwakilan Manajemen PT Vale lainnya, yakni , Senior Manager Project Sorowako Limonite, Hulman Sinaga Senior Manager of Exploration Frans Attong, dan Senior Manager Government and Institutional Relations Yusri Yunus juga turut berdiskusi dengan para wartawan.

Salah satu peserta halalbihalal, Son Abdul Rahim mengapresiasi PT Vale yang rutin melakukan diskusi dengan media dan tidak membatasi para wartawan dalam memberikan masukan maupun kritikan terhadap aktivitas PT Vale.

“Kegiatan ini membuktikan, PT Vale terbuka dan transparan kepada publik. Melalui kegiatan seperti ini wartawan bisa berdiskusi dan mendengarkan langsung mengenai rencana-rencana PT Vale ke depan. Hari ini secara gamblang disampaikan mengenai rencana PT Vale dalam pengembangan blok Sorowako.” kata Son.

Dia melanjutkan, selama 56 tahun beroperasi di Sorowako, PT Vale membuktikan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan memperhatikan masyarakat. Katanya, hal tersebut terbukti dari Danau Matano yang masih jernih dan terjaga kebersihannya hingga saat ini.

“Komitmen PT Vale untuk menjaga lingkungan patut diapresiasi, tentu hal ini bukan hal mudah tapi PT Vale mampu dengan konsisten melakukannya,” ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *