Jalan Membaik, Harga Panen Petani di Polenga Meningkat

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Harga hasil panen petani di Desa Polenga Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara seminggu terakhir mengalami peningkatan sekitar 10 persen dari biasanya. Peningkatan ini terjadi seiring dengan membaiknya jalan tani yang menghubungkan sentra pertanian di desa itu.

“ Benar harga sejumlah hasil pertanian saat ini mulai mengalami peningkatan. Sebagai contoh, harga gabah kami yang sebelum jalan diperbaiki hanya berkisar 3.800 rupiah per kilo gram, seminggu terakhir naik menjadi 4.300 per kilo gram. Sementara untuk hasil pertanian lainnya seperti sayur mayur juga mulai naik,” kata warga Desa Polenga yang ditemui, Sabtu (30/7/22).

Kepala Desa Polenga, Paci menjelaskan, meningkatnya hasil pertanian disebabkan jalan tani di desanya itu telah diperbaiki sepanjang lebih dari 2 kilo meter beberapa hari yang lalu.

“ Melalui Dana Desa tahun 2022, Pemerintah telah menganggarkan kegiatan peningktan kualitas jalan di desa ini sepanjang lebih dari 2 kilo meter. Perbaikan tersebut dilakukan lantaran sejak beberapa bulan terakhir kondisi jalan mengalami rusak parah akibat intensitas curah hujan yang sangat tinggi dan aktifitas kendaraan yang terus menerus. Kami bersyukur, meski perbaikan jalan belum semuanya tersentuh, namun setidaknya titik yang rusak parah sudah nyaman dilalui kendaraan,” jelasnya.

Kepala Desa Polenga dua periode ini menambahkan bahwa jalan yang menghubungkan antara Desa Tondowolio Kecamatan Tanggetada dan desanya itu saat ini masih berstatus sebagai jalan tani lantaran status jalan tesebut hingga saat ini belum mengalami perubahan status menjadi jalan desa.

“ Meski jalan ini menghubungkan antara desa satu dengan desa lainnya, tetapi statusnya hingga saat ini masih sebagai jalan tani. Sebab sejak jalan tani tersebut di buka sebelum Desa Polenga dimekarkan belum ada regulasi yang dibuat sebagai dasar perubahan status dari jalan tani menjadi jalan desa. Jadi hingga saat ini jalan tersebut masih berstatus sebagai jalan tani,” jelas Paci. (ba)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.