KPU Kabupaten Kolaka Tuntaskan Verfak Sembilan Parpol Nonparlemen

  • Whatsapp
Ketua KPU Kabupaten Kolaka Kamal Baddu pimpin apel sebelum tim verfak turun ke lapangan

KOLAKA, KN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka menuntaskan verifikasi faktual (verfak) terhadap sembilan partai politik nonparlemen di Kabupaten Kolaka. Kegiatan Verfak itu dimulai pada Minggu (16/10) hingga Senin (17/10).

Dalam kegiatan itu Tim Verifikasi Parpol KPU Kabupaten Kolaka melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi sembilan kantor partai politik (parpol) nonparlemen yang ada di Kabupaten Kolaka.

Read More

Sebelum kegiatan KPU Kabupaten Kolaka menggelar apel pada Minggu (16/10) bersama tim verifikasi dan dihadiri oleh Bawaslu Kolaka di halaman kantor KPU Kabupaten Kolaka.

Dalam arahannya Ketua KPU Kabupaten Kolaka, Kamal Baddu menyampaikan agar tim verifikasi dapat mempersiapkan segala kelengkapan dalam melakukan verifikasi.

“Kepada tim verifikasi agar melengkapi segala kelengkapannya sebelum turun ke lapangan, jangan nanti di lapangan baru kelabakan, dan yang utama juga jaga kekompakan dan jangan ada gerakan tambahan dan jaga etika,” paparnya dalam Apel tersebut.

Lanjutnya pihaknya telah membagi personilnya dalam tim verifikasi untuk turun melakukan verifikasi faktual terhadap sembilan parai nonparlemen yaitu Partai Gelora, Garuda, PSI, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Bulan dan Bintang, Partai Hanura, dan Perindo.

Selama dua hari itu, Tim Verfak KPU Kolaka turun langsung ke kantor atau sekretariat partai-partai nonparlemen tersebut.

“Hari pertama atau hari Minggu (16/10) yang didatangi itu PSI, Partai Buruh, Partai Gelora, PKN, dan Partai Garuda, dan hari Kedua atau Senin (17/10) Partai Bulan dan Bintang, Partai Hanura dan Perindo,” papar Kamal Baddu.

Dia juga mengatakan beberapa poin yang diverifikasi yakni verifikasi kelengkapan kepengurusan, termasuk keberadaan kantor atau sekretariat partai yang bersangkutan,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan pada tahapan verifikasi faktual itu KPU Kabupaten Kolaka langsung mendatangi kantor parpol dengan administrasi dan formulir lembar kerja yang sudah disiapkan.

Sementara Koordinator Divisi Teknis Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kolaka, M. Fadly mengatakan pelaksanaan verifikasi faktual terhadap sembilan partai tersebut di Kabupaten Kolaka berjalan lancar.

“Semuanya lancar, kita juga libatkan teman-teman Bawaslu disini, dan Alhamdulillah berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan,” ungkapnya.

Hanya saja kata dia, terdapat parpol yang kepengurusan dan beberapa kelengkapan lainnya tidak lengkap saat diverifikasi.

“Tim verifikasi menemukan ada parpol yang Ketuanya tidak ditempat, ada yang tidak ada strukturnya, dan semuanya itu sudah di data oleh Tim Verifikasi,” paparnya. (*)

Berikut foto-foto kegiatan verfak terhadap sembilan partai nonparlemen di Kolaka:

Kegiatan verfak di Kantor DPD PSI Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Oartai Garuda Kabupaten Kolaka 2
Kegiatan verfak di Kantor Partai Ummat Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Gelora Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Buruh Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Hanura Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Bulan dan Bintang (PBB) Kabupaten Kolaka
Kegiatan verfak di Kantor Partai Perindo Kabupaten Kolaka    

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *