KPU Kolaka Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Penyandang Disabilitas

  • Whatsapp
Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada disabilitas di Kabupaten Kolaka
Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada disabilitas di Kabupaten Kolaka

KOLAKA,KN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pada disabilitas untuk mewujudkan pemilu yang inklusif  pada pemilu serentak 2024.

Kegiatan sosialisasi itu bertempat di sekretariat  NPC INDONESIA Kelurahan Lamekongga Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka pada Minggu (6/11/2022)

Read More

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Kolaka, Muliana, S.Pd mengatakan kaum disabilitas menjadi salah satu prioritas dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih karena mereka mempunyai hak yang sama dalam pemilu.

“Kami dari KPU sosialisasi pendidikan pemilih kepada penyandang disabilitas karena mereka juga adalah warga negara yang yang memiliki hak politik yang sama dengan warga lainnya,  Mereka ini harus mendapatkan akses dan kesempatan yang sama di Pemilu 2024, dalam sosialisasi ini kami memberikan pengetahuan tentang kepemiluan,”kata dia.

Dalam kegiatan itu Al Munardin, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Sulawesi Tenggara turut memberikan materi kepada para peserta terkait menjadi pemilih cerdas, anti hoax, anti money politik dan politisasi SARA.

Selain itu, Al Munardin juga menjelaskan kepada para peserta bahwa KPU memberikan hak yang sama seperti warga lainnya kepada para disabilitas dalam menyalurkan hak politiknya.

“KPU tidak memandang perbedaan antara disabilitas dan warga lainnya, semua memiliki hak yang sama, ini dijamin dalam Undang-undang, bahkan dalam pemilu  KPU berusaha memfasilitasi para penyandang disabilitas dalam penyaluran politik, seperti  memudahkan dalam mengakses TPS, dan dari saran dan masukan, nanti ke depan akan dipetakan terkait fasilitas untuk kemudahan dalam menyalurkan hak pilihnya di TPS,” terangnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Kolaka, Kamal Baddu mengapresiasi para penyandang disabilitas yang antusias mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih yang digelar KPU Kolaka.

“Kami sangat mengapresiasi, sudah mau datang dan mengikuti kegiatan ini, ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu dibuka sesi tanya jawab untuk lebih mendalami materi yang disampaikan. Salah satu peserta berharap dalam pemilu kedepan, kaum penyandang disabilitas agar lebih diberi kemudahan lagi dalam menyalurkan hak pilihnya. 

Di Kegiatan itu juga KPU Kolaka membagikan souvenir kepada para peserta sebagai kenang-kenangan. (*)

Pembagian sovenir kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada disabilitas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *