Meriahkan Karnaval HUT RI Ke-77, KPU Kolaka Sosialisasikan Kepemiluan 2024

  • Whatsapp
Komisioner KPU Provinsi Sultra, Al Munardin (tengah) bersama rombangan KPU Kolaka dalam Karnaval memeriahkan HUT RI ke 77

KOLAKA, KN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), ratusan kendaraan yang dihias dengan berbagai bentuk dan diikuti barisan dari berbagai lembaga dan elemen masyarakat dengan kostum yang menarik pada Sabtu (13/8) mengikuti karnaval atau pawai bersama.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka juga tak ketinggalan dalam karnaval HUT RI Ke-77 yang diselenggarakan oleh Pemda Kolaka itu.

Read More

Seluruh Komisioner KPU Kolaka, pegawai sekretariat dan Staf, bahkan salah satu Anggota KPU Provinsi Sultra, Al Munardin turut serta dalam karnaval tersebut.

Dua buah kendaraan dan puluhan motor yang dihias oleh KPU Kolaka diturunkan dalam karnaval dengan rute sepanjang jalan utama di Kota Kolaka.

Rombongan KPU Kolaka dalam karnaval memeriahkan HUT RI ke-77

Momentum karnaval itu dimanfaatkan oleh KPU Kabupaten Kolaka untuk mensosialisasikan tentang Kepemiluan 2024 kepada masyarakat.

Komisioner KPU Provinsi Sultra, Al Munardin mengapreseasi KPU Kolaka yang turut ambil bagian dalam karnaval tersebut.

“Kebetulan saya sementara melakukan monitoring dan supervisi untuk memastikan kerja teman-teman di KPU Kolaka, dan kebetulan hari ini mereka ikut pawai, bagi kami kegiatan seperti yang dilakukan saat ini adalah merupakan terobosan baru dalam upaya melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat tentang apa yang saat ini dikerjakan KPU sebagai penyelenggara Pemilu dalam rangka menghadapi Pemilu 14 Februari 2024 dan Pemilihan 29 November 2024, tentunya ini adalah bagian terpenting dari kerja-kerja penyelenggara pemilu,” papar Al Munardin, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lanjutnya kegiatan karnaval tersebut selain sebagai momentum peringatan Kemerdekaan RI untukĀ  mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang guna meraih dan mempertahankan kemerdekaan dan bahkan mengorbankan diri, dan bagi KPU adalah ajang efektif dalam mensoisialiasikan tentang kepemiluan 2024 agar bisa sukses terlaksana.

“Ini moment penting, kita juga berterima kasih kepada pendiri bangsa kita ini, pejuang-pejuang kita dahulu yang telah memerdekaan Indonesia, dalam momen ini juga sangat efektif bagi KPU untuk melakukan sosialiasi, tadi sepanjang jalan kita gunakan pembesar suara, dan membagikan brosur yang berisi berbagai informasi penting tentang kepemiluan, danĀ  yang hadir sangat banyak dari semua elemen dan masyarakat se-Kabupaten Kolaka,” terangnya.

Dia juga mengatakan ada beberapa hal yang saat ini sementara disosialisaikan oleh KPU untuk kesuksesan penyelenggaran pemilu dan Pilkada 2024.

“Beberapa kegiatan sosialiasi saat ini dilakukan KPU Kabupaten Kolaka, seperti DPB (daftar Pemilih Berkelanjutan) di tengah-tengah masyarakat di beberapa kecamatan, dan tentunya kami dari KPU Provinsi juga sangat berharap kepada masyarakat Kabupaten Kolaka ini secara aktif untuk memastikan diri mereka sudah terdaftar sebagai pemilih, terutama bagi mereka yang pindah dan datang di daerah ini, agar supaya mereka melaporkan diri ke instansi yang berkewenangan. Urusan penduduk memang bukan kewenangan kami, itu urusan dinas Capil, tetapi dalam urusan Pemilih berarti itu urusan KPU, nah ini yang salah satunya disosilaisasikan tadi,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi itu, KPU juga mengajak kepada semua masyarakat untuk menyuskeskan penyelenggaraannya.

“Pemilu adalah pesta, tetapi pesta ini jangan sampai cedera karena perlakukan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, kita hindari politik SARA yang mempersoalkan identitas seseorang dari aspek suku, agama dan ras, dan juga kita menghimbau kepada masyarakat agar menghindari penyebab atau penyebar berita hoax, karena berimplikasi menciptakan suasana yang tidak kondusif,” terang mantan anggota KPU Kabupaten Muna dan Muna Barat itu.

Untuk itu lembaga KPU, Kata Al Munardin, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka yang telah meyelenggaran kegiatan yang memberi manfaat banyak orang tersebut.

“Tentu jajaran KPU Provinsi Sultra dan saya mewakili teman-teman dai KPU Kabupaten Kolaka berterima kasih kepada pimpinan dareah ini, kepada Bapak Bupati Kolaka yang sudah memberikan ruang sehingga kegiatan sosialisasi ini terselenggara, dan kami sangat mengapreseasinya, juga dari laporan yang kami terima dari KPU Kabupaten se-Sultra, bahwa Pemda Kolaka ini sudah menyiapkan anggaran Pilkada 2024 dan tidak bermasalah, ini artinya Pemerintah disini benar-benar memahami betapa pentingnya pemilu dan pemilihan untuk keberlanjutan demokrasi kita,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa KPU saat ini selalu siap melayani 24 jam kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi atau mendapatkan informasi terkait kepemiluan.

“KPU selalu siap, dan sudah ada fitur khusus di website KPU untuk mengecek keanggotaan partai politik. Ayo pastikan bapak ibu terdaftar atau tidak dalam keanggotaan partai politik. Kunjungi website KPU disini: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik, kita siap melayani, bersama KPU kita Bahagia,” tutupnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.