Pasar Lama Pomalaa Terbakar. Puluhan Rumah dan Ruko Warga Ludes.

KOLAKA, KN – Puluhan Rumah dan Ruko warga di jalan Masjid Raya Kelurahan Dawi-Dawi Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara Jumat (27/1/2023) ludes terbakar. Kebakaran yang terjadi di pasar lama Dawi-Dawi Pomalaa itu diperkirakan terjadi pukul 04. 30 dini hari. Akibatnya sontak membuat panik warga setempat karena kejadian berlangsung saat sebagian warga masih tertidur pulas.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa api menjalar begitu cepat dari salah satu toko penjual barang pecah belah. lantaran material plastik dan bangunan kayu yang ikut terbakar. Selain itu, hembusan angin yang begitu kencang membuat api menjalar dengan cepat sehingga sulit dipadamkan.

Kasi Pemadam Kebakaran Pemda Kolaka Harlis mengakui jika petugas damkar menemui kendala saat proses pemadaman berlangsung lantaran harus melewati jalan sempit untuk menuju ke lokasi kebakaran. Selain itu, angin bertiup dengan kencang sehingga api dengan cepat menjalar ke bangunan yang lainnya.

“ Ada 10 unit mobil pemadam yang dikerahkan dalam proses pemadaman. Mobil tersebut berasal dari mobil damkar Pemda Kolaka 4 unit, damkar PT. Antam 4 unit dan mobil damkar PT. SJS 2 unit,” terang Harlis.

Setelah berjibaku selama 2 jam, petugas damkar yang dibantu dengan warga setempat berhasil memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja, diperkirakan kerugian materi yang dialami warga mencapai Rp 1 miliar rupiah.

Dari data yang dihimpun, terdapat 22 korban yang mengalami kebakaran yakni H. Rosi (60), Asnawi (56), H. Yunus (63), Memang (45), H. Burhanuddin, H.Helmi (41), H.Dg Sibali (67), Anto (56), H.Narni (43), H.Dar (43), H.Asis (53), Nasir Kelle, H.Dar (43), H.Juned, Hayyun (54), Umar (56), H. Abdullah (65), H. Kaharuddin (64), H.Saripuddin (63), Amri (67), H. Ansar (56), Utti (54). (ab/kn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *