Pembahasan Usulan Pembangunan di Musrenbang Kelurahan Balandete Berjalan Alot

KOLAKANEWS, KOLAKA – Pembahasan usulan perencanaan  pembangunan oleh warga di Kelurahan Balandete, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara berjalan alot. Bagaimana tidak Usulan yang disampaikan oleh RW, RT, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama dan utusan warga itu merupakan usulan yang dianggap skala prioritas di masing masing wilayahnya.

Lurah Balandete Andi Pangeran Priandhika Abnas yang ditemui kamis, (18/1/2024) mengatakan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang digelar merupakan tahapan penggalian aspirasi warga dari setiap  RT/RW di Kelurahan Balandete. Nantinya kata Andi, aspirasi warga ini menjadi usulan Kelurahan Balandete pada Musrenbang tingkat Kecamatan Kolaka mendatang.

“Jadi aspirasi warga ini nantinya kita himpun seluruhnya kemudian kita sampaikan ke Musrenbang tingkata Kecamatan Kolaka. Kita berharap usulan yang menjadi skala prioritas dan dianggap sangat mendesak, dapat dibangun agar keluhan warga selama ini dapat teratasi,” kata Lurah Balandete.

Andi Pangeran mengurai, dari hasil penggalian aspirasi di tingkat RT/RW, rata rata usulan pembangunan secara garis besar berkaitan dengan usulan pembangunan jalan rabat beton, drainase, lampu penerangan jalan, persampahan, bantuan bibit perkebunan dan hortikultura serta usulan bantuan ternak.

“Jikapun seluruh usulan tersebut nantinya belum seluruhnya belum dapat terdanai oleh pemerintah daerah, paling tidak usulan yang menjadi prioritas, dapat dibangun pada tahun depan,” kata Lurah Balandete.

Musrenbang tingkat Kelurahan Balandete tahun 2024 ini secara resmi dibuka oleh Camat Kolaka, Genardi Pratomo Putra, yang didampingi oleh Lurah Balandete, Andi Pangeran Priandhika Abnas, Kasi PMD Kecamatan Kolaka Rudi Haeruddin, Bhabin Kantibmas Kelurahan Balandete, Aipda Andi Irfan, Ketua TP PKK Kelurahan Balandete,  Staf Kelurahan Balandete serta ketua LPM, RT/RW dan warga Balandete. (ab)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *