Pembukaan Jalan Kampus Politeknik Ulunggolaka Disorot.

KOLAKANEWS, Kolaka – Pembangunan Jalan menuju persiapan Pembangunan Kampus Politeknik di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara disorot. Pasalnya, pembangunan jalan yang dikerjakan pada tahun 2023 lalu itu, ditengarai masuk dalam kawasan hutan tanpa izin dari pihak berwenang.

Koordinator LSM Forsda, Jabir Teto Lahukuwi mengatakan berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa jalan yang dibangun diatas kawasan hutan produksi (hp) tanpa izin dari Kementerian Kehutanan RI merupakan salah satu bentuk pelanggaran pidana kehutanan.

“Jika pekerjaan tersebut saat ini dihentikan oleh pihak kehutanan, maka sudah pasti telah terjadi pelanggaran pidana kehutanan. Untuk itu kami mendesak kepada seluruh pihak terkait agar bertanggung jawab terhadap masalah tersebut,” terang Jabir.
Jabir mengurai ada dua dugaan pelanggaran yang terjadi pada kegiatan tersebut yakni dugaan pelanggaran pidana kehutanan dan anggaran.

“ Dugaan pelanggaran di bidang Kehutanan adalah adanya aktifitas pembangunan jalan dalam kawasan hutan tanpa adanya izin dari pemerintah. Selain itu ada alokasi anggaran yang bersumber dari APBD Kab. Kolaka tahun 2023 yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah yang dialokasikan bukan pada tempat yang sah, karena lokasi anggaran pembangunan jalan masih berstatus bermasalah,” kata LSM Pemerhati Lingkungan ini..

Dengan alasan tersebut kata Jabir, pihaknya mendesak agar seluruh pihak yang terkait agar bertanggung jawab pada kegiatan tersebut baik dari sisi pelanggaran kehutanan maupun dari soal kerugian keuangan negara. (rl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *