Pendaftaran Ditutup, Bawaslu Kolaka Terima 185 Pendaftar Panwascam

Kolaka, KN — Hingga pendaftaran  Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) ditutup (27/9/2022),  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kolaka, menerima 185 berkas pendaftar. 185 pendaftar tersebut terdiri dari 132 pendaftar laki-laki dan 53 perempuan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka, Juhardin mengatakan 185 pendaftar tersebut merupakan total pendaftar di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka.

“Antusiasme masyarakat untuk menjadi Panwascam cukup tinggi. Sampai [Selasa] yang mendaftar ada 185 orang di 12 kecamatan,” ujarnya di kantornya, Rabu (28/9/2022).

Kata Juhadin, dari sisi keterwakilan perempuan, terdapat beberapa kecamatan yang belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

“ Karena ada beberapa kecamatan yang tidak memenuhi keterwakilan perempuan, maka Bawaslu akan melakukan perpanjangan perekrutan di kecamatan tersebut ,” sambung Juhardin.

Setelah masa pendaftaran ditutup kata dia, panitia perekrutan melakukan seleksi berkas pendaftar.

“ Saat ini mash pemeriksaan berkas selama 3 hari kedepan. Catatan awal ada kemungkinan beberapa kecamatan akan dilakukan perpanjangan pendaftaran karena tidak terpenuhi 30 persen perempuan,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal perekrutan dari Bawaslu Kolaka, setelah masa perpanjangan pendaftaran kedua dilakukan, selanjutnya akan dilakukan kembali penelitian berkas, dan selanjutnya pengumuman hasil seleksi berkas. Proses selanjutnya adalah pengumuman hasil seleksi berkas administrasi pada 12 Oktober 2022, kemudian masa tanggapan dari masyarakat. Bagi yang lolos tahapan tersebut akan mengikuti tahap seleksi berikutnya yakni computer assisted test atau CAT pada 14-16 oktober 2022.

Bawaslu berharap seleksi ini akan menghasilkan anggota-anggota Panwascam yang memiliki integritas dan benar-benar melakukan pengawasan pemilu di tingkat kecamatan.

“Harapan kami, mereka lolos seleksi memiliki integritas dan dapat melaksanakan tugas mengawasi tahapan pemilu di tingkat kecamatan dengan baik,” kata Ketua Bawaslu Kolaka. (rul/kn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *