Peringati Hari Lingkungan Hidup 2023, ANTAM minta Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

KOLAKA, KN – Meningkatnya sampah plastik utamanya yang bersumber dari kemasan air mineral menjadi salah satu pemicu terjadinya kerusakan lingkungan saat ini. Untuk itu, kepedulian terhadap lingkungan harus dikampanyekan, digalakan pada semua masyarakat, terlebih lagi bagi diri sendiri, agar terbiasa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Sehingga perilaku hidup bersih, akan membudaya dan menjadi contoh yang baik bagi setiap orang.

Business Support Senior Manager PT. Antam Tbk. UPBN Kolaka, Ridho Anggoro Ka, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Selasa (5/6/2023), di Pomalaa, Kabupaten Kolaka mengatakan Antam Tbk UPBN Kolaka, terus komitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi daerah. Salah satunya, kontribusi dalam mengurangi sampah plastik yang bisa berdampak pada lingkungan.

“Bisa kita lihat pada kegiatan ini, sudah tidak ada kotak snack yang di dalamnya ada air minum kemasan. Sebagai gantinya, masing-masing bawa Tumbler berisi air minum. Yang tidak bawa, ya puasa minum. Bisa juga disediakan dispenser di area kerja masing-masing supaya tiap anggota tinggal Refill Tumbler,” kata Ridho.

Ridho menambahkan bahwa, perilaku demikian harus dibiasakan. Sebab jika tidak, maka pengurangan sampah plastik, tidak akan pernah terwujud. Saat ini, kata Ridho, perusahaan di luar Kabupaten Kolaka, sudah mengurangi penggunaan plastik. Bahkan semua orang sudah tahu tempat pembuangan sampah akhir yang terbatas. Makanya, kalau mau “Zero Waste”, lanjut dia, maka penggunaan sampah plastik, minimal dikurangi. Selain itu, memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).

“ Saat ini PT. Antam bahkan telah menggandeng organisasi NAMPAH di Kabupaten Kolaka, untuk program pemilahan sampah. Dimana, nantinya diberi nama kampung ramah lingkungan. Jadi akan ada kelompok yang diberikan surat keputusan (SK) dari kelurahan yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Pada peringatan HLH 2023 itu juga, PT Antam Tbk UBPN Kolaka, melaksanakan penanaman pohon yang berlokasi di Bukit Rubicon (Tambang Tengah). Hadir dalam kegiatan tersebut, Ulil Amri Nizhamul (Feni Plant Senior Manager), Mahana Hendak Sunarno (Mining Operation Support Senior Manager) dan Serikat pekerja yang ada di PT. Antam (PERPANTAM, SPSI dan Sepakat) serta para pegawai Antam dan mitra kerja ANTAM. (ba)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *