PT Vale Komitmen Gandeng Pengusaha Lokal Kolaka

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Dalam kegiatan sosialisasi prakualifikasi dengan sejumlah asosiasi pengusaha kontraktor di Kolaka Sulawesi Tenggara, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mengungkapkan komitmennya untuk menggandeng para pengusaha kontraktor lokal yang ada di Kolaka.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Supervisor Project Environment PT Vale Indonesia Tbk, Tamrin. Di depan peserta sosialisisasi yang diikuti oleh Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI), Himpunan Pengusaha Pomalaa (HIPPO), Himpunan Pekerja Primbumi Mekongga (HP3M), Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI), ASKOJAP dan AMALA. Tamrin menegaskan bahwa sebagai bentuk komitmen PT Vale dalam memberdayakan para pengusaha kontraktor yang ada di bumi mekongga, pihaknya menggelar sosialisasi tersebut.

“Output dari sosialisasi ini adalah nantinya saat pra kulifikasi akan dijadikan dasar untuk melaksanakan tender, jadi kontraktor atau rekanan yang akan diundang untuk suatu pekerjaan tertentu, kita sesuaikan dengan bidangnya, kualifikasi serta kemampuan teknisnya. Karena prakulifikasi ini adalah yang pertama dilaksanakan di Blok Pomalaa Kabupaten Kolaka, maka akan dibuat sederhana dan tidak seketat dibanding di Sorowako,” kata Tamrin, di Kolaka Jumat (1/4/22)

Menurut dia, penyerdehanaan sistim prakualifikasi di Kolaka dengan Sorowako memang sedikit berbeda. Sebagai contoh, di Soroako setelah rekanan memasukkan dokumen akan dilakukan verifikasi faktual atau kunjungan lapangan, namun di Blok Pomalaa hanya dilakukan verifikasi dokumen tanpa adanya verifikasi atau kunjungan lapangan, dengan harapan prosesnya lebih cepat dan tidak memberatkan rekanan. Sementara terkait penggunaan jasa rekanan nasional, kata Tamrin bahwa dalam kontrak dengan rekanan nasional ada persyaratan yang membolehkan penggunaan sub kontraktor lokal.

“ Kita sangat memperhatikan pemberdayaan kontraktor lokal, untuk itu jika ada kontraktor nasional yang membutuhkan sub kontraktor, kami sudah punya data kontraktor lokal mana saja yang bisa bermitra dengan kontraktor nasional yang nantinya menjadi pemenang tender,” katanya.

Abdul Malik, Sekretaris Himpunan Pekerja Primbumi Mekongga (HP3M) yang juga Bendahara Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Kolaka memuji komitmen PT Vale atas pemberdayaan pengusaha lokal di Kolaka. Kendati demikian dirinya berharap agar PT Vale benar-benar akan melaksanakan komitmen tersebut dan bukan hanya sekadar retorika saja.

“Perlakuan khusus terhadap kontraktor lokal di Blok Pomalaa ini patut kita apresiasi, semoga benar-benar dilaksanakan, bukan hanya sekedar retorika saja,” harapnya. (rul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.