PT Vale Tingkatkan Kapasitas SDM BUMDes se-Kecamatan Bungku Timur

PT Vale turut mendukung berbagai program yang digalakkan pemerintah setempat, termasuk program untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang ada di desa.
Pada Senin (12/09/2022), PT Vale melalui program PPM memfasilitasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-kecamatan Bungku Timur.
Pelatihan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Morowali, Abdul Wahid Hasan dan External Relation Project Officer IGP, Mohamad Risal.
Kegiatan yang terselenggara di Gedung Serbaguna Desa Kolono ini bertujuan membekali anggota BUMDes dengan pengetahuan teknis terkait tata kelola usaha. Selain itu, peserta peserta juga diberi kiat bagaimana pengembangan bidang usaha yang selaras dengan potensi desa mereka.

Saat sambutan, Kepala Dinas DPMDP3A Kabupaten Morowali, Abdul Wahid Hasan mengatakan, pelatihan digagas untuk mendorong anggota pengurus BUMDes agar dapat menjadi motor penggerak ekonomi, sehingga nantinya muncul wirausaha baru di desa-desa.

Abdul Wahid juga menyatakan, peserta diharapkan dapat lebih memahami potensi yang ada di desa sehingga dalam pemilihan bidang usaha maupun pengembangan usaha dapat tepat sasaran. Sesuai dengan potensi Desa dan sejalan dengan arah pembangunan desa.

Abdul Wahid juga mengapresiasi Pelatihan BUMDes yang didukung oleh PT Vale. “Atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan PT Vale. Setelah sempat tertunda karena keterbatasan anggaran di daerah, akhirnya program ini dapat kita laksanakan bersama. Terima kasih telah terlibat langsung,” ungkapnya.

Atas komitmen PT Vale, dia berharap perusahaan lainnya bisa melakukan hal serupa.

“Mudah – mudahan perusahan besar di Morowali dapat mengikuti jejak PT Vale, sehingga dapat mengurangi beban pemerintah daerah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di desa, baik BUMDes maupun aparat desa.”

Sementara, External Relation Project Officer IGP PT Vale, Mohamad Risal menyampaikan, “Program Pelatihan ini merupakan bentuk kontribusi PT Vale dalam mengembangkan kapasitas pengurus BUMDes. Kita berharap BUMDes dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan desa, “ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *