Rekrutmen Panwascam Dimulai. Bawaslu Kolaka: Pendaftaran Dibuka Secara Online.

  • Whatsapp

Kolaka, KN – Jelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka segera membuka rekrutmen (penerimaan) Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Tingkat Kecamatan (Panwascam) tahun 2022. Sebelum dibuka, Bawaslu telah melakukan tahapan sosialisasi perekrutan Panwascam sejak, Sabtu hingga Rabu (10-21/9/2022). Selanjutnya Pendaftaran dan penerimaan berkas calon panwascam akan dimulai pada Rabu-Selasa (21-27/9/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Kolaka, Juhardin mengatakan bahwa bagi masyarakat Kolaka yang ingin mendaftar, Formulir berkas administrasi pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di laman http://gg.gg/Pengumuman_Pembentukan_Panwascam atau di sekretariat Bawaslu Kabupaten Kolaka. Setelah pendaftaran, pihaknya akan melaksanakan seleksi administrasi yang akan dilakukan setelah pendaftaran ditutup. Namun, kata dia, jika sampai tanggal 27 September 2022 belum mendapatkan kebutuhan pendaftar yang memenuhi syarat di tiap kecamatan dan 30 persen keterwakilan, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

“Pendaftaran nantinya kita buka secara online, namun penyampaian berkas pendaftaran boleh disetor langsung ke Kantor Bawaslu Kolaka ataupun lewat kantor Pos terdekat,” kata Juhardin.

Dirinya menambahkan bahwa terdapat perbedaan dengan tes sebelumnya yakni saat ini tes tertulis dilakukan melalui sistem online dengan metode computer asissted test (CAT).

“Memang ada sedikit perbedaan dengan tes sebelumnya. Jadi yang sudah diperiksa akan diuji tertulis melalui online CAT dan dari ujian itu akan direngking 1-6 sehingga bisa masuk ke tahapan wawancara,” jelas ketua Bawaslu Kolaka.

Selain sistim tes yang sedikit berbeda, pihaknya juga akan memberi penilaian tersendiri bagi calon pelamar yang telah memiliki pengalaman mengenai kepemiluan.

“Kami berharap dapat mendapatkan orang-orang yang mempunyai kapasitas dan integritas yang benar-benar faham soal kepemiluan dan orang-orang yang benar-benar melakukan pengawasan pemilu. Sebab Pemilu yang akan kita hadapi kali ini sangat kompleks sepanjang sejarah,” pungkasnya. (ab)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.