Sudah 68 Calon Jamaah Haji Dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, 4 Wafat

KOLAKANEWS, MADINAH – Sejak awal kedatangan jamaah haji Indonesia di Madinah pekan lalu, hingga saat ini sebanyak 68 orang jamaah yang menjalani perawatan medis di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Dari jumlah itu, 55 jamaah di antaranya dirawat di ruang rawat inap dan instalasi gawat darurat. Sedangkan lainnya menjalani perawatan di poliklinik.

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Arab Saudi, dr Karmijono mengatakan, dari hasil diagnosa, rata-rata jamaah lansia mengalami sakit seperti diabetes, hipertensi.

“Serta gangguan kesehatan lain kibat kelelahan selama perjalanan menuju Madinah,” katanya. Selain itu, sejumlah jamaah juga ada yang mengalami Dimensia.

Menurutnya, mayoritas jemaah yang dirawat saat ini adalah jemaah lansia. “Selama dirawat, semua kebutuhannya kami bantu untuk dipenuhi,” katanya.

Dia mengimbau agar jamaah benar-benar menjaga kondisinya. Mengingat pelaksanaan ibadah haji baru dimulai Juni mendatang.

Sementara itu, hingga saat ini, sebanyak 4 jamaah haji asal Indonesia yang berada di Madinah dinyatakan meninggal dunia.

Kementerian Agama (kemenag) RI memastikan semua jemaah haji yang wafat akan mendapat fasilitas yang berhak mereka terima.

Salah satunya, para jamaah wafat akan dibadahajikan. “Nanti akan ada petugas khusus yang akan menggantikan para almarhum untuk melaksanakan haji” kata kepala PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Daker Madinah, Ali Machzumi.

Selain itu, para jamaah wafat juga akan mendapatkan asuransi yang nantinya diserahkan kepada pihak keluarga. (jp)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *