Wakil Bupati Kolaka Meletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Hidayah Puundoho

  • Whatsapp
Wakil Bupati Kolaka, H. Muh jayadin lakukan peletakan batu pertama masjid Al-Hidayah Kel Puundoho Kec Baula

Kolaka, KN – Wakil Bupati Kolaka, H. Muh Jayadin melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Hidayah Kelurahan Puundoho, Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada Kamis, (2/6/2022).

Peletakan batu pertama oleh Wabub Kolaka yang disusul oleh Kepala Kantor Kemenag Kolaka H. Baharuddin, Kepala bagian Kersa Pemda Kolaka H. Andi Panguriseng, Camat Baula Saritomo dan Lurah Puundoho Asdiman dan disaksiskan oleh tokoh masyarakat setempat sebagai pertanda mulai dilaksanakannya pembagunan masjid yang berlokasi di jalan poros Kolaka-Pomalaa Kelurahan Puundoho  itu.

Read More

Masjid baru yang akan dibangun yang berada di wilayah Kelurahan Puundoho Kecamatan Baula tersebut merupakan pengganti dari masjid Kelurahan yang lama, dan dibangun atas dasar hasil musyawarah masyarakat dan pemerintah kelurahan dan kecamatan setempat.

“Ini merupakan hasil musyawarah dari masyarakat dan pemerintah kelurahan dan kecamatan setempat untuk memulai pembagunan masjid baru dengan nama baru yaitu Masjid Al-Hidayah, dan ini disambut baik oleh semua masyarakat disini,” papar H. Hartono Rambu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Hidayah dalam laporannya pada acara tersebut.

Hartono juga menyampaikan sesuai RAB,  Masjid  dengan luas 17 x 17 m di lahan dengan ukuran seluas 33 x 28 m itu akan menelan biaya kurang lebih 1,5 Miliar.

“Alhamdulillah sekarang ini kas yang ada 83 juta rupiah dan sudah bantuan material dan lainnya yang datang dari para donatur, dan Insya Allah kita juga akan terus membuka ruang bagi donatur lainnya, kita juga akan membuat proposalnya untuk pengajuan bantuan kepada semua pihak demi mewujudkan mesjid yang kita idam-idamkan ini,” jelas Hartono.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kolaka, Baharuddin mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi terkait Pembangunan Masjid tersebut, menurutnya pembangunan masjid adalah salah satu jalan untuk menabur kebaikan dan pahala yang berlipat ganda.

“Alhamdulillah hari ini kita memulai dan akan kita wujudkan masjid Al-Hidayah akan berdiri gagah dan megah. Jangan bosan mendekati dan membuka ruang kepada para pemilik harta dan orang-orang yang mau bersedekah untuk pembangunan masjid ini. Allah telah menjamin pahala yang berlipat ganda bagi mereka yang berjuang mewujudkannya, dan Kami juga akan selalu tetap bersama panitia untuk  mewujudkannya,” paparnya.

Dia juga mengatakan bahwa masjid tersebut akan diukur arah kiblatnya oleh pihak Kemenag sesuai petunjuk dan rumus yang telah ditentukan.

“Kalau dulu pembangunan masjid hanya mengikuti bayang-bayang saja untuk menetapkan arah kiblatnya, tapi sekarang ini kita harus mengikuti petunjuk dan aturannya, sudah ada rumusnya, dan kita akan keluarkan sertifikatnya sesuai posisi yang sebenarnya,” terangnya.

Wakil Bupati Kolaka, Muh Jayadin meminta kepada segenap warga dan pengurus pembangunan Masjid untuk selalu berkoordinasi dan menjaga kekompakan dalam pembangunan masjid tersebut.

“Saya berharap mari kita bersama memberi dukungan pembangunan masjid ini, Insya Alah kita akan wujudkan kalau kita menjaga kekompakan, dan dari pemerintah, Insya Allah tahun ini dana rutin saya sebesar 50 juta nanti di perubahan ini kita alihkan untuk pembangunan masjid ini, dan kedepannya juga untuk masjid-masjid yang lain yang juga sementara memulai pembangunan,” papar Jayadin.

Dia juga mengatakan Pemda Kolaka senantiasa mendukung pembangunan rumah ibadah.

“Kalau tidak di perubahan tahun ini, ya nanti di tahun depan, Pemerintah Daerah Kolaka tentu sangat mendukung segala upaya pembangunan untuk kegiatan keagaman, dan pembangunan masjid ini bisa diusahakan,  semua akan ada jalannya, dan saya minta juga kepada panitia jangan terburu-buru, kita harus bangun yang terbaik untuk kita semua,” tutupnya. (*)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.